Sardjito Ungkap Penyebab Meninggalnya KGPH Hadiwinoto

YOGYA, KRJOGJA.com – Kabar duka datang dari Kraton Yogyakarta, Rabu (31/3/2021) pagi saat adik kandung Sri Sultan HB X, KGPH Hadiwinoto tutup usia. Almarhum Gusti Hadi, meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung pagi hari tadi.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hernawan mengkonfirmasi kondisi Gusti Hadi meninggal dunia karena serangan jantung. Almarhum menurut Banu meninggal dunia pukul 08.13 WIB pagi tadi setelah sebelumnya sempat mendapat perawatan sejak Senin (29/3/2021).

Ketua tim medis Prof Dr dr Budi Yuli S, Sp. PD., Sp. JP menyampaikan almarhum Gusti Hadi pertama kali tiba di Sardjito, Senin (29/3/2021) pukul 14.00 WIB melalui Instalasi Gawat Darurat (IGD). Gusti Hadi diketahui merupakan rujukan dari RS PKU Muhammadiyah Gamping dengan diagnosis rujukan serangan jantung.

“Serangan jantung tersebut berbentuk sumbatan yang membuat rekaman jantungnya mengalami elevasi. Komplikasi yang terjadi pada Gusti Hadi adalah terjadinya timbunan cairan dalam paru karena masalah kerja jantung yang terkena serangan. Di IGD direncanakan tindakan revaskulerisasi tapi yang bersangkutan tidak mungkin kondisi berbaring, ingin duduk karena sesak nafas, maka Gusti Hadi dilakukan tindakan intubasi untuk persiapan katerisasi atas persetujuan dengan keluarga,” ungkapnya melalui pernyataan langsung.

BERITA REKOMENDASI