Secepatnya, PKL ‘Sudirman’ Dicarikan Lokasi di Pasar

YOGYA, KRJOGJA.com – Sosialisasi rencana revitalisasi trotoar Jalan Jenderal Sudirman dari Jembatan Gondolayu hingga Tugu semakin intensif dilakukan. Termasuk melibatkan pelaku PKL di wilayah tersebut yang akan terdampak penataan. PKL pun dicarikan lokasi di pasar tradisional.

“Setelah revitalisasi selesai, trotoar sudah tidak bisa lagi digunakan untuk berjualan. Kebijakan itu sudah kami sosialisasikan ke para pelaku PKL di sepanjang Jembatan Gondolayu hingga Tugu,” urai Camat Jetis Sumargandi, usai sosialisasi, Rabu (5/2/2020).

Total terdapat 18 PKL di kawasan tersebut, baik yang berada di sisi selatan maupun utara. Pihak kecamatan akan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogya terkait keberadaan los di pasar tradisional yang bisa dipergunakan sebagai lahan relokasi. Pasar tradisional tersebut tidak sebatas yang ada di Kecamatan Jetis melainkan wilayah lain yang memungkinkan.

Jika ada los di pasar tradisional yang masih kosong, pihaknya berharap dapat dipergunakan untuk relokasi PKL di Jalan Jenderal Sudirman. Hal ini karena ruas jalan di wilayah Kecamatan Jetis sudah tidak memungkinkan untuk penambahan PKL. “Kalau PKL harus mencari lokasi sendiri, tentunya perlu mengurus izin dari awal termasuk meminta izin ke pemilik persil. Supaya tidak merepotkan, kami upayakan fasilitasi ke pasar tradisional,” imbuhnya.

Menurutnya, para PKL yang sebagian besar bergerak di sektor kuliner bisa memahami kebijakan tersebut. Sebelumnya juga sudah dilakukan pendekatan agar ada kesiapan. Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pelaksana proyek apakah saat proses revitalisasi, PKL masih diperkenankan berjualan atau tidak.

Sesuai rencana, pekerjaan fisik revitalisasi trotoar Jalan Jenderal Sudirman tahap kedua akan dimulai pada April mendatang. Pekerjaan diprediksi memakan waktu hingga enam bulan atau sampai akhir September. Dengan begitu sebelum puncak perayaan HUT Kota Yogya pada 7 Oktober, pekerjaan itu sudah selesai. Apalagi pada saat itu akan digelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) dengan rute Jembatan Gondolayu hingga Tugu dan Jalan Margo Utomo.

Total anggaran untuk revitalisasi mencapai Rp 27 miliar. Seluruhnya diambilkan dari alokasi Danais. Selain revitalisasi trotoar juga akan dilakukan ducting kabel fiber optik maupun kabel PLN yang masih melintang di kawasan Tugu Pal Putih.(Dhi)

BERITA REKOMENDASI