Sejumlah Gedung Siap Digunakan, Yogya Cari Tempat Isolasi Covid-19

YOGYA, KRJOGJA.com – Upaya pemenuhan kebutuhan selter untuk isolasi bagi warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Yogya terus dilakukan, salah satunya dengan membidik sejumlah gedung atau fasilitas milik pemerintah sebagai lokasi alternatif.

“Salah satu yang sedang kami coba saat ini adalah meminta izin ke kementerian untuk penggunaan salah satu fasilitas mereka yang ada di Yogyakarta sebagai tempat isolasi,” jelas Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogya, Heroe Poerwadi, Sabtu (12/9/2020).

Menurutnya, gedung tersebut baru selesai dibangun dan belum sempat digunakan tapi dinilai sudah memiliki fasilitas yang cukup layak untuk digunakan sebagai tempat isolasi. Bangunan tersebut memiliki 42 ruangan dengan kapasitas 84 orang.

Selain itu, upaya pemenuhan ruang isolasi untuk orang tanpa gejala juga dilakukan di RS Pratama dengan penyediaan delapan unit kamar. “Kalau beberapa alternatif itu tidak bisa direalisasikan, maka mungkin kami menempuh upaya lain, salah satunya dengan rumah sakit lapangan,” ujarnya.

Pemenuhan selter untuk isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala perlu dilakukan karena jumlah pasien tanpa gejala di Kota Yogya mengalami peningkatan sejak Agustus.

Saat ini total kamar untuk pasien Covid-19 di seluruh rumah sakit di Kota Yogya berjumlah 132 kamar untuk isolasi dan 13 kamar untuk ICU. Kamar isolasi digunakan untuk untuk pasien terkonfirmasi yang bergejala ringan hingga sedang, sedangkan untuk kamar ICU digunakan untuk pasien dengan gejala berat dan memiliki penyakit penyerta seperti darah tinggi, gagal nafas.

BERITA REKOMENDASI