Selama PPKM Darurat, Begini Kondisi Ketenagakerjaan di DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Pelaku dunia usaha dan industri baik sektor formal maupun informal di DIY terdampak dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa Bali sejak 3 sampai 20 Juli 2021. Meskipun terdampak, namun dipastikan kondisi sektor ketenagakerjaan di DIY masih aman terkendali sejauh ini.

Komite Tetap Pengembangan Kesekretariatan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY Tim Apriyanto mengatakan PPKM Darurat ini jelas memberikan dampak bagi sektor tenaga kerja, meskipun belum ada data resmi dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY. Munculnya klaim ratusan ribu tenaga kerja di DIY berpotensi dikenai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dinilai tidak mendasar.

“Saya berani menyatakan klaim tersebut tidak mendasar karena kita tahu jumlah sektor usaha di DIY sebagian besar sektor informal daripada sektor formal sehingga jumlah tenaga kerja kita tidak sampai ratusan ribu tenaga kerja. Jadi saya klarifikasi sektor tenaga kerja di DIY masih aman dan terkendali sampai saat ini,” ujarnya kepada KR di Yogyakarta, Kamis (15/7/2021).

BERITA REKOMENDASI