Seluruh Fasyankes di DIY Diminta Fokus Siap Siaga Jelang Nataru

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY meminta pelayanan di seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan atau Fasyankes, mulai dari Puskesmas hingga Rumah Sakit (RS) se- Kabupaten/Kota DIY agar siap siaga menghadapi varian baru virus Korona Omicron sekaligus jelang Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru). Pihaknya sekaligus terus berupaya melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di DIY khususnya sasaran renatan yakni warga lanjut usia (lansia) dan anak-anak usia 6 hingga 11 tahun dalam menghadapi varian baru Omicron.

Kepala Dinkes DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Kabupaten/Kota yang fokusnya adalah semua Puskesmas siap siaga sejak awal Desember 2021 lalu. Puskesmas yang mempunyai kamar rawat inap diminta untuk siaga 24 jam, sedangkan Puskesmas yang tidak rawat inap menggunakan sistem jaga dan RS pun diminta tetap menjalankan IGD-nya.

” Vaksinasi Covid-19 tentu saja masih terus berjalan di DIY, terutama di wilayah-wilayah yang masih punya target memenuhi cakupan vaksin dosis lengkap, seperti di Gunungkidul. Disamping itu, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia rentan usia 6 hingga 11 tahun, maupun yang masih kurang untuk sasaran warga lansia,” katanya kepada KR di Komplek Kepatihan, Kamis (23/12/2021).

BERITA REKOMENDASI