Semua Kalurahan di DIY Diminta Miliki Jaga Warga

YOGYA, KRJOGJA.com – Keberadaan Kelompok Jaga Warga memiliki peran cukup strategis dalam penanganan Covid-19 di level kalurahan ke bawah sampai padukuhan maupun RW dan RT. Karena itu, Satpol PP DIY meminta kalurahan yang belum memiliki Jaga Warga supaya segera membentuknya. Dengan demikian, selain koordinasi menjadi lebih mudah dilakukan, penanganan Covid-19 diharapkan bisa lebih optimal.

“Kami terus mendorong agar semua kampung atau padukuhan di setiap kalurahan baik di kabupaten maupun kota di DIY, sudah memiliki Kelompok Jaga Warga pada tahun 2021 ini. Apabila hal itu bisa dilakukan, diharapkan penanganan Covid-19 terutama di level padukuhan atau RT/RW akan bisa lebih optimal, sehingga adanya penularan kasus yang masih ditemukan di lingkungan permukiman bisa terus ditekan,” kata Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad di Yogyakarta, Minggu (29/8/2021) malam.

Noviar mengatakan, keberadaan Jaga Warga juga sudah diatur melalui Peraturan Gubernur DIY Nomor 28 Tahun 2021 tentang Kelompok Jaga Warga. Dalam Pergub tersebut dijelaskan, Jaga Warga berperan dalam menjaga keamanan, ketenteraman, ketertiban dan kesejahteraan serta menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat. Karena saat ini dalam situasi pandemi, peran aktif mereka dalam penanganan Covid-19 sangat dibutuhkan.

BERITA REKOMENDASI