Seniman Diminta Jadi ‘Agen’ Pancasila

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pemerintah butuh mitra strategis untuk melakukan sosialisasi Pancasila. Salah satu yang dinilai mampu melaksanakan dengan baik yakni para seniman.

Peranan seniman dalam masyarakat Indonesia tidak dapat dipisahkan dari proses pembangunan. Membangun diartikan sebagai usaha dalam berbagai bidang yang bertujuan untuk mencapai keadaan yang lebih layak dan lebih baik. Pembangunan nasional menghendaki terciptanya sesuatu yang seimbang antara pembangunan lahiriah dan batiniah.

Hal tersebut disampaikan anggota DPD RI Afnan Hadikusumo pada kegiatan Diskusi Publik dengan tema “Implementasi Pancasila Dalam Membangun Lingkungan Pasca Covid-19 Sudut Pandang Seniman” bertempat di DC Rumah Budaya Sleman, Rabu (15/7/2020) malam.

Menurut Afnan, penanaman Pancasila yang dilakukan pemerintah sejak dahulu lebih bersifat top-down dengan cara cenderung memaksa dan tanpa sentuhan estetika. Padahal konsep ideologi Pancasila sangat tepat untuk Indonesia yang bukan hanya multi etnis, agama, namun juga multi ras namun mencakup berbagai hal lain termasuk seni.

“Kesenian adalah perwujudan bentuk-bentuk yang ekspresif atau bentuk-bentuk ekspresi dari seseorang. Seni dan budaya sangat berpengaruh tinggi terhadap perkembangan pembangunan suatu daerah atau bangsa dan negara. Peran seni budaya ini tentu sangat penting karena dalam seni dan budaya ada nilai-nilai luhur kehidupan yang bisa menjadi landasan pada sebuah kehidupan yang bersosial,” terang Afnan.

BERITA REKOMENDASI