September Digulirkan, Proyek Fisik Harus Tuntas 24 Desember 2020

YOGYA, KRJOGJA.com – Memasuki September beberapa proyek fisik milik Pemkot Yogya mulai digulirkan. Pekerjaan yang dibiayai dari dana pemerintah itu pun harus sudah bisa diselesaikan atau dituntaskan paling lambat pada 24 Desember 2020.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogya Umi Akhsanti, menyebut ada perubahan kalender kerja yang ditetapkan pemerintah sebelumnya. “Cuti lebaran tahun ini kan digeser libur akhir tahun. Mulai 24 Desember sudah libur sampai tahun baru. Jika tidak ada perubahan, maka sebelum masa libur itu pekerjaan harus sudah selesai,” jelasnya, akhir pekan lalu.

Dengan begitu, durasi pekerjaan fisik hanya kurang dari empat bulan atau 110 hari kerja. Total ada empat jenis pekerjaan fisik yang diampu oleh DPUPKP Kota Yogya. Masing-masing penataan pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman, revitalisasi kabel di kawasan Tugu, penataan trotoar di Jalan KH Ahmad Dahlan, dan pembangunan saluran air hujan di Jalan Kemasan Kotagede.

Umi mengatakan, meski waktu pekerjaan terbatas namun tidak ada perubahan volume maupun perencanaan. Teknis pekerjaan selama masa pandemi juga wajib menerapkan protokol sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Penerapan protokol itu juga tidak akan membebani pihak ketiga. Memang harus menambah anggaran namun tidak signifikan,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI