Sesuaikan Pola Tanam, Petakan Kembali Ketersediaan dan Kerawanan Pangan di DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY tetap berupaya menjaga ketercukupan produksi pangan, termasuk tanaman pertanian pangan di DIY ditengah gangguan cuaca La Nina dan gangguan lainnya pada 2021 ini. Salah satu strategi untuk menjaga ketersediaan produksi pangan pertanian di DIY, petani telah diminta untuk menyesuaikan pola tanam. Disamping itu, pihaknya bakal memetakan kembali terkait ketersediaan pangan dan kerawanan pangan di DIY guna mengoptimalkan pemenuhan pangan, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Tri Saktiyana menyampaikan produksi pangan di DIY sebenarnya sudah mulai berkurang sejak 2020 lalu, termasuk dibandingkan dengan 2019 pun mengalami sedikit penurunan. Adanya gangguan cuaca seperti La Nina yang mengakibatkan curah hujan tinggi, angin kencang dan sebagainya jelas sangat berdampak terhadap produktivitas tanaman pangan yang sangat rentan terhadap cuaca.

“Jika terjadi La Nina, tidak mungkin dihindari tidak turun produksi tanaman pangan, pasti berkurang. Itu sudah merupakan siklus produksi pangan yang sangat tergantung dengan kondisi cuaca, bisa seketika turun drastis namun bisa naik alias melimpah panennya,” katanya kepada KR di Yogyakarta, Minggu (7/3/2021).

BERITA REKOMENDASI