Siap-siap, Tak Bermasker Terancam Denda Rp 100 Ribu

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya berhasil merampungkan regulasi terkait masa tatanan normal baru. Salah satunya mengatur sanksi bagi warga yang tidak mengenakan masker di tempat publik dengan denda Rp 100.000. Namun demikian Sat Pol PP Kota Yogya akan lebih mengedepankan sisi humanis dibanding represif.

Komandan Sat Pol PP Kota Yogya Agus Winarto, membenarkan ancaman sanksi bagi pelanggar protokol Covid-19. Aturan itu tercantum dalam Perwal 51 Tahun 2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Desease-19 pada Masa Tatanan Normal Baru pasal 5. “Kami sudah siapkan strategi penertiban bagi siapa pun yang melanggar protokol. Tetapi upaya kami lebih pada aspek humanis atau persuasif tidak represif,” jelasnya, Minggu (5/7/2020).

Dalam Perwal 51/2020, penggunaan masker merupakan kewajiban bagi setiap orang. Terdapat empat jenis sanksi yang diancam bagi pelanggar yakni teguran lisan, teguran tertulis, kerja sosial berupa membersihkan fasilitas umum, dan denda Rp 100.000. Selain mengatur sanksi bagi warga yang tidak mengenakan masker, pengelola usaha yang melangar protokol juga bisa dikenai sanksi hingga pencabutan izin usahanya.

BERITA REKOMENDASI