Siaran Analog Berhenti 2022, Media Penyiaran di DIY Siap Alih Teknologi Digital

YOGYA, KRJOGJA.com – Seluruh media penyiaran televisi terestrial di DIY diminta bermigrasi dari teknologi analog ke digital dan penghentian siaran televisi analog (ASO) paling lambat pada 2 November 2022. Migrasi saluran TV digital ini diharapkan agar lembaga penyiaran televisi di daerah bisa lebih berperan terhadap daerahnya sendiri, khususnya ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerahnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY Rony Primanto Hari mengatakan pihaknya telah mengadakan persiapan seperti melakukan sosialisasi baik kepada media penyiaran maupun masyarakat DIY tentang keberadaan dan migrasi TV digital tersebut. Pemerintah telah menetapkan penyelenggara multiplekser (mux) yaitu Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI dan beberapa televisi swasta yang akan menampung televisi lokal bermigrasi dari siaran TV analog ke TV digital.

“Saya kira bagi perusahaan atau lembaga penyiaran di tanah air sudah mengarah ke TV Digital saat ini, hanya saja berbagai perangkat yang dimiliki perlu dirubah dari analog ke model digital. Ada dua mux yang disediakan di DIY yaitu TVRI dan Metro TV yang masing-masing bisa menampung 12 TV digital,” ujar Rony kepada KRJOGJA.com di Yogyakarta, Kamis (22/4/2021).

BERITA REKOMENDASI