Sikapi Pandemi, Pedoman Operasional AKB Museum di DIY Disiapkan

YOGYA, KRJOGJA.com – Badan Musyawarah Muara (Barahmus) DIY bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY dan PT Bhakti Mandiri Wisata Indonesia melakukan kajian terkait pedoman operasional adaptasi kebiasaan baru (AKB) museum di DIY melibatkan seluruh kepala museum di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Selasa (27/10/2020).

Kegiatan untuk menyikapi Pandemi Covid-19 tersebut digelar dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) dipimpin Ketua Tim Kajian Prof Dr Inayati Adrisijanti yang juga Komisaris Utama PT BP Kedaulatan Rakyat. Turut hadir sebagai narasumber Ki Bambang Widodo yang juga Ketua Umum Barahmus DIY serta pengarah Prof Dr Soeratman Woro Suprodjo dipandu moderator Dr Ir KRT Nur Suhascaryo MT yang juga menjabat Ketua Bidang Litbang Barahmus DIY.

“Untuk menuju operasional musuem agar bisa sesuai protokol kesehatan Covid-19, banyak yang harus dipenuhi pengelola museum. Karena itu butuh kajian yang digunakan sebagai pedoman bersama,” kata Ki Bambang Widodo didampingi Sekretaris Umum Barahmus DIY Asroni SIP saat dijumpai KR usai FGD.

Melalui FGD ini pula, 36 anggota Barahmus DIY didorong agar segera melakukan operasional melayani pengunjung museum. Sebab sampai saat ini imbas Pandemi, masih ada 17 museum yang masih tutup.

BERITA REKOMENDASI