Sistem ‘QR Code’ Indekos, Pemkot Yogya Jamin Keamanan Data

YOGYA, KRJOGJA.com – Ketika menghadapi kenormalan baru, setiap pengunjung di Kota Yogya dianjurkan memindai ‘QR Code’. Pengunjung juga tidak perlu merasa khawatir karena Pemkot Yogya menjamin kerahasiaan serta keamanan datanya.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Yogya Tri Hastono, mengaku sistem ‘QR Code’ yang dikembangkannya hanya sebatas menyimpan nomor telepon pengunjung. “Begitu memindai ‘QR Code’ dan mengklik tautan warna hijau, otomatis nomor teleponnya akan tersimpan dalam data. Kami tidak tahu nama yang bersangkutan,” jelasnya, Senin (29/6/2020).

Selain itu seluruh data itu akan tersimpan dalam database di Pemkot Yogya dengan server tersendiri. Fungsinya hanya untuk merekam pergerakan pengunjung di area tersebut dalam kurun waktu tertentu. Sehingga jika terjadi temuan kasus Covid-19 di wilayah itu, maka bisa diketahui siapa saja yang berada di kawasan tersebut pada jam yang sama. Hal itu pun akan mempermudah proses penelusuran agar penyebaran virus bisa segera dikendalikan.

BERITA REKOMENDASI