Siswa Kelas IX SMP di Kota Yogya Mulai Ujian di Sekolah

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) bagi siswa-siswi kelas IX tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di beberapa sekolah di Kota Yogyakarta dimulai, Senin (05/04/2021). Pemantauan pelaksanaan ASPD dilakukan oleh Forpi Kota Yogyakarta guna memastikan pelaksanaan ASPD berjalan dengan lancar termasuk penegakan disipilin protokol kesehatan (prokes).

Wahyu Wijayanta, Koordinator Forpi Kota Yogyakarta menyebut pihaknya melakukan pemantauan baik itu pada proses ataupun hal-hal lain termasuk ketersediaan pelayanan terhadap siswa penyandang dsabilitas atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang mengikuti ASPD. Berdasarkan pemantauan pelaksanaan ASPD dibeberapa SMP N di Kota Yogyakarta pada hari pertama dan sesi pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum berjalan dengan lancar.

“Namun terdapat dua sekolah yakni SMP N 4 dan SMPN 15 Kota Yogyakarta sempat mengalami gangguan jaringan atau server mengalami offline atau server down pada saat siswa masih melaksanakan ASPD. Di SMP N 4 Kota Yogyakarta server down tejadi di semua ruangan. Ada empat ruangan yang dijadikan tempat pelaksanaan ASPD. Server down terjadi sekitar 10 menit. Namun hal tersebut dapat diatasi oleh teknisi dan soal maupun jawaban para siswa tetap tersimpan. Tidak hilang,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI