Situs Ratu Boko Sering Dikaitkan Rara Jonggrang

YOGYA, KRJOGJA.com – Nama Situs Ratu Boko yang berada di selatan Candi Prambanan merujuk pada penyebutan masyarakat setempat. Pasalnya sejak dahulu, Situs Boko diyakini masyarakat sebagai Keraton Boko yang dipimpin Prabu Boko.

“Penamaan arkeolog berdasar tiga hal, prasasti, letak administrasi serta penyebutan masyarakat setempat. Untuk Situs Ratu Boko banyak disebut masyarakat setempat yang juga dihubungkan dengan legenda Rara Jonggrang,” kata Kepala Unit Situs Boko, Dra Tri Hartini dalam diskusi daring ‘Menyelisik Keraton Prabu Boko’ yang digelar BPCB DIY, Senin (27/7/2020).

Dikatakannya, masyarakat Prambanan sejak dulu meyakini jika Situs Boko merupakan Keraton Boko dengan rajanya Prabu Boko. Dari cerita tutur masyarakat setempat, dikatakan Prabu Boko memiliki anak perempuan bernama Rara Jonggrang yang kemudian dilamar Bandung Bondowoso. Perjalanan cinta dua insan itulah yang kemudian melahirkan cerita berdirinya Candi Prambanan

“Tapi kebenaran cerita itu belum dapat dipastikan karena tidak ada bukti yang mendukung. Sementara tentang Situs Boko yang dianggap sebagai kraton karena berdasar pada artefak peninggalan, sepeti gapura, pendapa, keputren, kolam dan lainnya yang biasanya mencerminkan Kraton,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI