160 Calon Kepala Desa Deklarasi Pilkades Damai

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – 160 calon kepala desa peserta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Sleman pada 29 Maret 2020 mengikuti deklarasi pilkades damai dan berintegrasi. Acara yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Kabupaten Sleman pada Rabu (18/3/2020) ini turut dihadiri Bupati, Ketua DPRD, Dandim dan Kapolres Sleman.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sleman, Budiharjo menjelaskan bahwa tujuan kegiatan deklarasi ini adalah untuk memberikan pemahaman dan kesadaran bagi calon kepala desa dan semua pihak. “Pemahaman tersebut adalah untuk berkomitmen melaksanakan pilkades di Kabupaten Sleman yang bermartabat berintegritas dan menciptakan situasi yang kondusif, aman, tertib dan damai,” ujar Budi dalam rilis kepada KRjogja.com.

Budi menjelaskan bahwa penetapan calon kades telah dilaksanakan oleh panitia pemilihan tingkat desa pada tanggal 22 Februari 2020 untuk bakal calon 2-5 orang. Sedangkan bakal calon yang lebih dari lima orang dilakukan pada 14 Maret 2020.

“Calon kades di masing-masing desa sudah sesuai ketentuan yaitu paling sedikitnya dua orang dan paling banyak lima orang. Jumlah keseluruhan calon kades sebanyak 160 orang di 49 desa dari 17 Kecamatan di Kabupaten Sleman,” kata Budi.

BERITA TERKAIT