2.923 Maba UMBY Ditantang Taklukkan Bahasa dan Teknologi

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebanyak 2923 Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Kampus 3, Ringroad Utara Condongcatur Senin (09/09/2019). Maba UMBY ditantang menaklukkan bahasa dan teknologi yang menjadi prasyarat industri 4.0 saat ini.

Nur Fachmi Budi Setyawan, Ketua Pelaksana PKKMB UMBY mengungkap selama empat hari mahasiswa angkatan 2019/2020 tersebut akan menjalani serangkaian kegiatan mulai tingkat universitas hingga fakultas. Selain sosialisasi tentang hak dan kewajiban akademis/non akademis para maba juga diajak berpikir sekaligus mengurai tantangan yang akan dihadapi kedepan.

Baca juga :

Kantogi Predikat Akreditasi A, Manajemen UMBY Naik Kelas
Prodi Akuntansi UMBY Kantongi Akreditasi A BAN-PT

“Tantangan yang dihadapi teman-teman maba ini sekarang ada di industri 4.0 di mana mutlak penguasaan bahasa dan teknologi. Dalam PKKMB empat hari ini semua akan diulas dengan harapan mereka siap menghadapi tantangan kedepan,” ungkap Fachmi di sela acara.

UMBY menurut dia harus memiliki keunggulan karena di era 4.0 saat ini persaingan begitu terbuka tak lagi terbatas wilayah. “Ini yang harus dimengerti teman-teman maba, teknologi memudahkan semua hal namun konsekuensinya besar di mana untuk bisa bertahan dalam pasar kerja nantinya, harus benar-benar punya keunggulan tersendiri,” sambung dia.

Sebanyak 2923 maba UMBY sendiri berasal dari 16 program studi di 6 fakultas. Di waktu yang bersamaan para mahasiswa menjalani agenda acara di Kampus 1 Bantul dan Kampus 3 Condongcatur.

Sementara AKP Arief Darmawan, Biro SDM Polda DIY yang juga alumni UMBY menyampaikan materi bela negara sekaligus meminta mahasiswa turut menjaga keutuhan negara dari berbagai ancaman. “Ancaman terhadap bangsa dan negara, saat ini antara lain radikalisme, tekhnologi (HOAX), politik identitas, intoleransi serta firehose of falsehood (kata-kata hina). Kami berharap mahasiswa khususnya di UMBY berani menyuarakan hal-baik baik sepanjang perjalanan hidup kedepan,” tandas Arief. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI