2 Gunungan Buku Ludes Jadi Rebutan Warga

NGEMPLAK (KRjogja.com) – Ratusan warga Dusun Kwadungan Desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak Sleman berebut gunungan buku, Minggu (13/11/2016). Mereka memperebutkan ratusan koleksi buku yang disusun rapi dalam gunungan setinggi sekitar 1,5 meter.

Buku-buku yang diperebutkan tersebut, mulai dari cerita rakyat, seni budaya hingga pengetahuan umum. Seperti perikanan dan pertanian. Dari ratusan warga tersebut, yang paling antusias adalah pelajar.

Fertina salah satunya. Pelajar kelas lima sekolah dasar ini bisa mendapatkan empat buku sekaligus. Dengan judul 'Asyik Belajar dan Menggambar Alam', 'Siapa Mau Jadi Raja', 'Kasihku di Siranduk' dan 'Kisah Pilihan Untuk Anak Muslim'. Tak heran jika dia merasa sangat beruntung. Apalagi dia juga sangat hobi membaca buku.

"Senang sekali. Ini bisa dapat empat buku sekaligus. Kebetulan saya juga suka membaca. Jadi ini sangat berguna," kata Fertina yang bercita-cita jadi dokter ini.

Sebelum diperebutkan, gunungan terlebih dahulu dikirab. Dimulai dari halaman kantor kecamatan lama menuju taman bacaan masyarakat Kerai Kwadungan sejauh kurang lebih 3 kilometer. Selain dua gunungan buku, juga ada hasil bumi serta replika ikan.

"Total ada sekitar 300 buku. Selain pengetahuan umum dan untuk anak, juga ada buku tentang pertanian dan perikanan. Itu karena mayoritas masyarakat kami adalah petani," kata Kepala Dukuh Kwadungan Desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak Nanang Sujatmiko (48).

Kirab ini sendiri bertujuan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. Tidak hanya mereka yang berusia sekolah. Tapi juga seluruh lapiran masyarakat. Mengingat dengan banyak membaca buku, maka secara tidak langsung dia telah membuka jendela dunia. (Awh)

BERITA REKOMENDASI