Dari Natuna 5 Warga DIY-Jateng Tiba Melalui Bandara Adisutjipto

YOGYA, KRJOGJA.com – Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah selesai menjalani masa observasi di Natuna mulai kembali ke daerah asal masing-masing. Tak terkecuali tiga warga DIY yang mendarat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Sabtu (15/2).

Mereka mendarat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta menggunakan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 7543 pukul 20.44 WIB dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Selain tiga warga DIY, ada dua warga Jawa Tengah yang juga mendarat melalui Bandara Adisutjipto. Satu laki-laki dan sisanya perempuan.

Di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, mereka sudah ditunggu oleh Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembayun Setyaning Astutie dan dari Dinkes Kota Yogyakarta serta Kabupaten Sleman. Tidak ketinggalan petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) juga ikut menunggu kelima WNI tersebut.

Guna menghindari kekhawatiran masyarakat pengguna jasa penerbangan maupun media yang sedang menunggu di pintu kedatangan Terminal A, tidak ada pengawalan khusus bagi kelima WNI tersebut. Hanya saja, Kadinkes beserta kedua perwakilan dari Dinkes Kota Yogyakarta dan Dinkes Sleman sempat masuk melalui pintu keluar bersama petugas dari KKP.

Selang 15 menit kemudian, ketiganya sudah keluar layaknya penumpang yang lain. Bahkan dari Dinkes DIY melarang media untuk mewawancarai kelima WNI tersebut. Termasuk keluarganya yang sedang menunggu.

“Kami sengaja menjemput mereka dalam rangka memberikan kenyamanan dan keamanan. Bukan bermaksud untuk memantau atau yang lain. Karena mereka sebenarnya dan sesungguhnya adalah warga yang sehat. Bahkan ketika keluar dari China juga sudah sehat. Observasi di Natuna dilakukan sesuai dengan prosedur kesehatan. Termasuk meyakinkan kepada masyarakat bahwa mereka sehat,” ujar Kadinkes.

Kepada masyarakat, Kadinkes menghimbau bisa menerima kedatangan mereka dengan baik. Jangan terus dikucilkan atau disanksikan. Karena mereka ini sehat. Tidak ada masalah. Sedangkan bagi kelima WNI, tetap dihimbau untuk menjaga kesehatan. Jika memang dirasa memerlukan pelayanan kesehatan, bisa segera datang ke Puskesmas. (Awh)

BERITA REKOMENDASI