587 Perenang Muda Berebut Juara KRAS 2018

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tak kurang 587 perenang muda Indonesia dipastikan turut berpartisipasi dalam ajang Kejuaraan Renang Antarsekolah (KRAS) dan Perguruan Tinggi Nasional di Kolam Renang UNY, Sabtu-Minggu (13-14/1/2018). Para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia bakal mengikuti 170 nomor yang dipertandingkan selama dua hari penyelenggaraan.

Ketua Panitia Penyelenggara, Eko Yuni kepada wartawan dalam temu pers Jumat (12/1/2018) mengungkap 587 peserta yang ikut ambil bagian dalam KRAS kali ini berasal dari berbagai kelompok usia mulai SD hingga Perguruan Tinggi. Menurut dia, 587 peserta yang terdaftar tak hanya berasal dari DIY namun daerah lain seperti Bukittinggi, Lampung, Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Bali.

“Para peserta ini bakal mengikuti 170 nomor dari kelompok satu hingga lima, usia SD hingga SMA-Perguruan Tinggi. Nantinya, yang terbaik di masing-masing kelompok baik putera dan puteri yakni yang meraih juara terbanyak akan mendapatkan piala serta uang pembinaan,” ungkapnya.

Peraturan perlombaan KRAS 2018 ini pun disesuaikan dengan standarisasi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) seperti penggunaan sistem time electronic. “Pencatatan secara elektronik mampu memudahkan validasi data sekaligus mempercepat jalannya perlombaan,” imbuh Agung Purwondo Saleh, perwakilan PRSI.

Sementara Ketua Pengda PRSI DIY Yoeke Indra Agung Laksana mengharapkan KRAS 2018 bisa menjadi salah satu tolok ukur kemajuan atlet muda khususnya di DIY. Hal tersebut menurut pria yang juga Ketua DPRD DIY ini sangat penting terutama untuk menyiapkan ajang kejuaraan nasional termasuk Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Dari ajang ini kami dari PRSI DIY akan melakukan penyusunan data lalu penilaian terhadap para atlet DIY yang ikut. Nantinya data dari kejuaraan ini jadi salah satu pertimbangan pengiriman atlet ke sejumlah kejuaraan termasuk PON,” ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI