640 Goweser Kuak Teknologi Masa Lalu di Candi Kedulan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Fakultas Teknik UGM menggelar kegiatan Technoride Epic Endurance Cycling 2020 memperingati Hari Pendidikan Teknik ke-74, Minggu (16/02/2020) bertempat di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM. Sebanyak 640 goweser bakal diajak menjelajahi rute menarik Yogyakarta diantaranya membongkar teknologi masa lampau di Candi Kedulan.

Ketua Panitia, Tri Budi Utama mengungkap ada dua rute pilihan yang dilewati para peserta yakni 74 kilometer dan 40 kilometer. Para peserta akan diajak menjelajah rute menarik di sisi utara Yogyakarta mulai Pusdiklat Paramedika Pakem, Museum Gunung Merapi hingga Candi Sewu.

“Menariknya kami ajak juga peserta mengeksplore Candi Kedulan di Kalasan yang ternyata mencerminkan teknologi manusia di masa itu. Itu bentuknya kotak yang isinya logam jadi ada semacam chip untuk menghubungkan manusia saat itu dengan Tuhannya pada saat itu. Kami ingin jelajahi itu, eksplore dan mengkombinasi kejayaan masa lalu, Mataram Hindu dengan teknologi sekarang,” ungkapnya, Sabtu (15/02/2020).

Di sisi lain, para peserta nantinya juga akan diajak mengeksplore Candi Sewu yang jadi salah satu titik point. Candi Sewu merupakan peninggalan sejarah peradaban Budha yang usianya lebih tua daripada Borobudur.

“Di situ juga perpaduan peradaban antara Hindu dan Budha, ada perkawinan antara Dinasti Sanjaya dan Syailendra. Sangat menarik berkeliling di kompleks candi itu, dan kami ajak para goweser untuk eksplore karena mungkin belum banyak yang tahu detail ceritanya,” imbuh salah satu panitia daei Fakultas Teknik UGM, Ir Condroyono.

Dalam agenda Technoride yang sudah memasuki kali kelima ini, penyelenggara juga akan menampilkan lima mobil listrik karya mahasiswa Teknik UGM yang diklaim jadi teknologi perpindahan manusia di masa mendatang. Salah satu mobil akan dibawa yakni mobil listrik Multi Purpose Vehicle yang akan diusulkan menjadi moda transportasi di Bandara YIA. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI