9 DPC Desak Hanum Mundur dari DPRD DIY

SLEMAN (KR) – DPW Partai Amanat Nasional (PAN) DIY membentuk tim investagasi untuk menelusuri kebenaran surat yang dilayang 9 DPC ke DPP. Dimana 9 DPC itu mendesak Hanum Salsabiela Rais mundur dari anggota DPRD DIY karena dinilai minimnya pembinaan di wilayah Sleman utara.

Koordiantor Tim Investigasi DPW PAN DIY, Arif Kurniawan SAg MH mengungkapkan, sebelumnya 9 DPC Sleman utara yakni Cangkringan, Pakem, Ngaglik, Tempel, Sleman, Turi, Ngemplak, Kalasan dan Prambanan mengirim surat ke DPP PAN tanpa melalui DPD maupun DPW. Surat itu berisikan permohonan mundur Hanum Salsabiela Rais dari kursi DPRD DIY.  “Surat itu ditandatangi oleh 9 DPC Sleman utara selaku dapil Hanum. Mereka mendesak Hanum mundur dari anggota dewan,” ungkap Arif, Kamis (5/11).

Adanya surat tersebut, DPP memerintahkan DPW untuk mengecek kebenaran surat tersebut. Selanjutnya DPW membentuk tim investigasi untuk menelusuri fakta dan data di lapangan. Kemarin, Rabu (4/11) sore, tim investigasi telah melakukan klarifikasi ke 9 DPC.

“Kemarin bersama Sekretaris DPW PAN DIY dan Plt Ketua DPD PAN Sleman telah mengklarifikasi surat itu. Mereka (9 DPC, red) membenarkan tandatangan di surat tersebut. Surat itu mereka buat tanpa ada desakan atau paksaan,” kata Arif.

Alasan 9 DPC mengirim surat, lanjut Arif, Hanum dinilai minim pembinaan terhadap kadernya di wilayah Sleman utara. Kemudian, kader juga merasa resah karena Hanum tidak memberikan kepastian apakah akan masih PAN atau ikut ke Partai Ummar yang didirikan Amin Rais selaku orang tua Hanum Salsabiela Rais. Bahkan Hanum juga sering mengajak kader PAN untuk ikut bergabung ke Partai Ummat

“Ketika kader menanyakan sikap Hanum terkait Partai Ummat, justru jawaban Hanum tidak tegas yaitu akan menyelesaikan tugas dulu sebagai anggota DPRD DIY. Jawaban itu yang membuat 9 DPC resah dan gaduh. Khawatirnya, Hanum nanti akan maju lewat partai lain. Padahal selama ini, 9 DPC ini ikut menghantar Hanum jadi anggota dewan,” paparnya.

Setelah klarifikasi terhadap 9 DPC itu, tim investigasi akan melakukan klarifikasi terhadal Hanum Salsabiela Rais. Hasil investigasi, data dan fakta, akan dikirim ke DPP. “Hasil investigasi akan kami kirim ke DPP. Nanti DPP yang menentukan sikap,” pungkasnya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI