92 Lulusan STBA LIA Yogya Diwisuda

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA Yogyakarta menyelenggarakan Wisuda Sarjana dan Ahli Madya XVIII tahun 2021 di Westlake Resto Sleman, Sabtu (23/10/2021). Periode kali ini STBA LIA Yogyakarta mewisuda sebanyak 92 lulusan sarjana maupun ahli madya.

Lulusan terbaik program studi S1 Sastra Inggris diraih oleh Ratna Susilawati SS dengan IPK 3,92. Sedangkan lulusan terbaik program studi D3 Bahasa Inggris diraih oleh Khusnul Khotimatulrohmah, AMd dengan IPK 3,95. Pelaksanaan wisuda dengan memperhatikan protokol kesehatan. Untuk menghindari kerumunan, prosesi wisuda dibagi dua sesi.

Ketua STBA LIA Yogyakarta Dr Drs Agus Darwanto MA mengatakan, selama pembelajaran di kampus, STBA LIA Yogyakarta membekali mahasiswa dengan berbagai macam pengetahuan, keterampilan dan karakter unggul. Selain diberikan kemampuan berbahasa 3 bahasa asing (Korea, Prancis, Inggris) juga dikembangkan keterampilan penerjemahan dan hospitality industry.

“Dengan bekal ilmu, keterampilan serta karakter yang baik, saya sangat yakin setelah lulus para wisudawan ini akan segera mendapatkan pekerjaan yang baik di banyak bidang,” terang Agus kepada wartawan disela acara wisuda.

Untuk memastikan itu, menurut Agus, STBA LIA Yogyakarta telah membuat aturan, tidak akan meluluskan mahasiswa, sebelum mahasiswa itu mendapatkan penghasilan dari bekerja yang sesuai bidangnya. Kebijakan STBA LIA Yogyakarta ini dikemas dalam program Proyek Kerja Mahasiswa (PKM) untuk memberikan pengalaman bekerja kepada mahasiswa sebelum lulus. “PKM ini menjadi program khas dari STBA LIA Yogyakarta ,” ujar Agus.

Selain itu, STBA LIA Yogyakarta punya program Sistem Kredit Pertisipasi Mahasiswa (SKPM) yang mewajibkan mahasiswanya mencapai kredit tertentu, di luar pembelajaran kelas. Bisa dalam wujud partisipasi di masyarakat, partisipasi di bidang yang sesuai keilmuannya atau kreasi yang lain.

“Semua kreasi mahasiswa akan kita hargai, sampai memenuhi kredit minimal yang dipersyaratkan. Ini juga menjadi syarat wajib sebelum mereka lulus dan ini menjadi keunggulan STBA LIA,” katanya. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI