Adik Sepupu Paku Alam X Maju Pilkades Caturtunggal

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Raden Ayu (RAy) Prasetianti (45) yang merupakan adik sepupu dari Paku Alam X secara resmi menyatakan maju dalam bursa pencalonan pemilihan kepala desa (pilkades) Caturtunggal Depok Sleman 2020. Prasetianti diusung oleh masyarakat yang mengatasnamakan diri sebagai Elemen Masyarakat Caturtunggal dan bersiap mengambil formulir pendaftaran Kamis (23/1/2020).

Slamet Widodo, perwakilan Elemen Masyarakat Caturtunggal mengatakan nama Prasetianti muncul setelah ia bersama masyarakat menjalin komunikasi dengan pihak Pura Pakualaman. Menurut dia, masyarakat Caturtunggal mengalami kejenuhan dengan pemerintahan saat ini yang dinilai belum bisa maksimal dan membutuhkan perubahan.

Baca juga :

Hidupkan Ekonomi, Manfaatkan 'Exit-Entry' Jalan Tol
Layanan Tera Kota Yogya Mulai Dikenai Retribusi

“Kami bahasa Jawanya sowan ke Pura (Pakualaman) karena budaya Yogyakarta ini kan berbeda dari daerah lainnya, kami sampaikan keresahan yang ada di masyarakat Caturtunggal. Beberapa kali kami bertemu akhirnya dipertemukan dengan sosok RAy Prasetianti ini yang dinilai tepat menjadi calon pemimpin Caturtunggal,” ungkapnya di kawasan Pakualaman.

Menurut Slamet memunculkan sosok perempuan dari Pakualaman untuk maju dalam pilkades Caturtunggal bukan tanpa alasan. Pertimbangan keterwakilan perempuan serta pendekatam kepemimpinan yang berbeda dari sebelumnya coba diusung melalui sosok Prasetianti.

“Karakter Kraton dan Pura Pakualaman ini menarik sekaligus menunjukkan kiblat kultur di Yogyakarta yang sebenarnya di mana pemimpin yang selalu ditunjukkan itu punya asah, asih dan asuh pada masyarakat. Kami ingin memberikan sisi berbeda pendekatan keibuan sekaligus menunjukkan kearifan di tingkat keistimewaan DIY,” ungkapnya.

Prasetianti sendiri mengaku tertarik mendapat kesempatan dari masyarakat untuk maju sebagai calon kepala desa di Caturtunggal. Karakter Caturtunggal yang merupakan miniatur Indonesia dengan masyarakat beragam dari ujung barat ke timur Indonesia menjadi potensi luar biasa yang menurut dia bisa dimaksimalkan.

“Sudah ada pikiran akan berbuat apa untuk masyarakat di Caturtunggal, tapi yang jelas saya berterimakasih atas kesempatan masyarakat yang diberikan pada saya. Hari ini saya diantar mengambil formulir pendaftaran sebagai tahapan resmi,” ungkapnya.

Meski begitus secara resmi ia belum meminta restu Paku Alam X dan permaisurinya saat memastikan maju dalam pilkades Caturtunggal. “Setelah ini saya akan sowan secara resmi untuk meminta ijin sekaligus memohon doa restu,” pungkasnya.

Prasetianti sendiri setiap hari hampir selalu menemani Paku Alam X yang merupakan permaisuri Paku Alam X dalam mengurus kegiatan di Pura Pakualaman. Ia merupakan adik sepupu Paku Alam X dimana ibunda Prasetianti merupakan adik kandung Paku Alam IX. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI