Afnan Hadikusumo Titipkan Pancasila ke Ibu-ibu di Berbah

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mohammad Hatta pernah mengatakan, ‘Jika kamu mendidik satu laki-laki maka kamu mendidik satu orang. Namun jika kamu mendidik satu perempuan, maka kamu mendidik satu generasi. Kata-kata itu sangat tepat karena ibu adalah madrasah pertama dan utama bagi anak-anaknya.’

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Dr Ane Permatasari, M.A, Ketua Tim Penggerak PKK Kapanewon Berbah Kabupaten Sleman DIY, dalam sosialisasi empat pilar Senin (21/09/2020). Ane menyebut untuk mencetak generasi yang unggul, dibutuhkan ibu-ibu cerdas demikian juga ketika ingin mewariskan suatu nilai pada sebuah generasi, maka ibu adalah agen sosialisasi yang sangat tepat untuk melakukannya.

“Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika perlu disosialisasikan kepada generasi muda, dan PKK dengan gerakannya yang masif dan menjangka sampai ke tingkat rumah tangga di mana anggotanya mayoritas adalah kaum ibu. Wadah itu merupakan lembaga yang sangat tepat untuk ikut berperan mengedukasi para anggotanya tersebut dan pada gilirannya nanti para ibu itulah yang akan mengedukasi anak-anak dan keluarga mereka tentang Empat Pilar MPR RI,” ungkap Ane.

Sementara anggota DPD RI Dapil DIY, Afnan Hadikusumo, secara khusus menitipkan Pancasila pada para ibu di Berbah. Caranya menurut Afnan tak perlu dengan teoritis yang terkadang sulit dipahami keluarga.

“Ibu-ibu menanamkan nilai Pancasila hampir dalam setiap kegiatan di kehidupan sehari-hari. Mulai bangun tidur hingga mau tidur lagi, jadi secara khusus saya titipkan empat pilar ini kepada panjenengan semua. Mari kita didik generasi kedepan bangsa dengan lebih baik, mulai dari rumah,” ungkap Afnan.

Di momentum pandemi Covid-19 ini, secara khusus Afnan juga mengharapkan agar para ibu bisa menjadi pengingat keluarga untuk menjaga kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. “Kita punya kesempatan membantu pencegahan penularan Virus Covid-19 ini. Harapan saya, para ibu juga terus mengingatkan keluarga untuk menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan,” tegas Afnan. (Fxh)

Suasana sosialisasi empat pilar di Kantkr Kecamatan Berbah.

BERITA REKOMENDASI