Ahli UGM Sebut Eucalyptus Bisa Bunuh Virus Flu dan Corona

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kementrian Pertanian bersama IDI meneliti lebih lanjut tanaman Eucalyptus yang dinilai bisa berpotensi membunuh virus Corona Sars Cov-2 (Covid-19). Kandungan senyawa 1,8 sineol pada tanaman tersebut dinilai mampu memberikan efek antivirus pada manusia.

Guru besar Farmasi UGM, Prof Suwijiyo Pramono mengatakan senyawa 1,8 sineol memiliki sifat antibakteri, antivirus dan ekspektoran untuk mengencerkan dahak. Prof Suwijiyo juga menyebut bawasanya pernah ada penelitian eucalyptus bisa membunuh virus Flu dan Corona Beta-Gama meski bukan Sars Cov-2 penyebab Covid-19.

“Sars Cov-2 ini virus baru sehingga perlu dilakukan penelitian lanjutan. Namun, memang pernah ada penelitian terkait eucalyptus ini dan bisa membunuh virus Flu serta Corona,” ungkapnya melalui rilis tertulis dari Humas UGM, Kamis (9/7/2020).

Eucalyptus menurut Suwijiyo selama ini dikenal masyarakat dan kerap digunakan sebagai bahan oles minyak kayu putih atau balsem. Produk inhaler atau hirup juga menggunakan bahan eucalyptus ini.

BERITA REKOMENDASI