Airlangga Hartarto Dorong Generasi Muda Jadi Pencipta Lapangan Kerja

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Dr (HC) Ir Airlangga Hartarto MBA MMT mendorong generasi muda untuk menjadi pencipta lapangan kerja melalui kegiatan wirausaha. Hal ini diungkapkannya saat menjadi pembicara kunci secara daring dalam seminar nasional dengan tema ‘Upaya Peningkatan Semangat Kewirausahaan Mahasiswa Melalui KUR dan Kemudahan Akses Permodalan’.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung Digital Library UNY, Selasa (28/6/2022) tersebut Airlangga mengatakan, dorongan dari pemerintah agar generasi muda untuk berwirausaha tak lepas dari kenyataan bahwa keberadaan UMKM di masa pemulihan krisis ekonomi sangatlah penting. “Keberadaan UMKM adalah sektor penting, karena berkontribusi pada 61 persen terhadap PDB nasional dan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja,” terangnya.

Dalam pemulihan krisis ekonomi, menurut Airlangga, UMKM selama ini menjadi buffer resilient (penyangga tangguh) dan kondisinya bisa pulih dengan cepat. Oleh karenanya, pengembangan UMKM saat ini terus dimaksimalkan demi mendorong perekonomian Indonesia lebih tinggi lagi.

“Keberadaan kewirausahaan terus dikembangkan untuk penciptaan lapangan kerja. Untuk itu generasi muda diharapkan tidak hanya menjadi pencari kerjaan, tapi juga menjadi pencipta lapangan kerja. Untuk itu pemerintah terus berkomitmen dalam mengembangkan kewirausahaan dan diharapkan UNY bisa berkontribusi menjadi inkubator bisnis agar bisa membantu menciptakan wirausaha baru yang berkualitas,” tegasnya.

Kepada seluruh mahasiswa yang hadir dalam seminar tersebut, Airlangga berpesan agar komitmen untuk berwirausaha ini harus dipupuk sejak awal ataupun sejak mahasiswa.  “Kewirausahaan diinisiasi kampus menjadi salah satu kunci keberhasilan pencetak lapangan kerja. Wirausahawan dari mahasiswa diharapkan dapat memadukan ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk berinovasi membaca peluang sehingga dapat menghasilkan entrepreneur yang berkualitas,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI