Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan Sungai

SLEMAN (KRjogja.com) – Masyarakat Mancasan Kleben Pandowoharjo Sleman menggelar Merti Kali Denggung, Minggu (18/09/2016) melalui membersihkan kali dan kirab bergada. Acara tersebut untuk mengajak masyarakat peduli dengan keberhasilan dan kejernihan kali. 

(Baca Juga : 'Ngalap Berkah' Berebut Gunungan Merti Dusun)

Dukuh Mancasan Kleben Pendowoharjo Gapong Maharia SE menjelaskan, di dusun ini memiliki belik lanang dan wedok dengan kondisi belum terawat. Padahal selama ini belik digunakan masyarakat untuk mandi, mencuci dan lainnya. Atas dasar itu, masyarakat mengadakan merti kali. "Ini baru pertama kami mengadakan merti kali. Ini sebagai bentuk untuk melestarikan belik lanang dan wedok di dusun kami, " kata Gapong di sela-sela kegiatan.

(Baca juga : Jaga Kelestarian Air Melalui Festival Selokan Mataram)

Menurutnya, merti kali ini dimulai sejak pagi dengan membersihkan sampah di kali denggung. Selain itu juga menyebarkan bibit ikan ke kali. Kemudian dilanjutkan dengan kirab bergada dengan membawa kenduri, tumpeng dan gunungan.  "Kirab ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat telah diberikan sumber mata air yang bersih. Selain itu juga mengajak masyarakat untuk peduli agar menjaga kelestarian dan kejernihan kali, "terangnya. (Sni) 
 

BERITA REKOMENDASI