Akhir 2021, Kustini Rampungkan 435 Titik Wifi Gratis Padukuhan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Menjelang akhir tahun 2021, Bupati Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo mulai membereskan salah satu program pembangunan Sleman Smart City yakni wifi gratis padukuhan. Hal itu terlihat saat Kustini melaunching wifi gratis padukuhan di Prambanan, Rabu (29/12/2021) lalu. Menurutnya, dari total 1212 padukuhan yang akan dipasang internet gratis saat ini sudah terpasang 435 titik wifi gratis.

“Alhamdulilah sudah terpasang 435 titik wifi gratis di setiap padukuhan. Masih sekitar 777 titik lagi yang akan kita kerjakan di tahun depan,” kata Kustini di Sleman, Jumat (31/12/2021).

Disampaikan Kustini, kebutuhan akses jaringan bagi masyarakat di era saat ini sangat penting. Seperti penggunaan untuk sarana promosi wisata, jual beli produk umkm, belajar online pelajar, work from home dan lain sebagainya.

Apalagi, beberapa titik wilayah Sleman masih terdapat blank spot atau kondisi suatu tempat tidak tersentuh atau tidak terlingkupi oleh sinyal komunikasi. Sehingga kebutuhan jaringan internet yang bisa diakses secara massal menjadi keharusan yang harus dipenuhi oleh pemerintah.

“Dulu saat saya keliling kampanye, memang jumlah daerah yang blank spot ini banyak. Padahal ada banyak potensi yang bisa dikembangkan, kalau daerah ini terkoneksi jaringan yang baik. Ya bisa wisatanya, produk lokalnya dan masih banyak lagi,” jelas Kustini.

Permasalahan pemasangan internet gratis ini, diungkapkan Kustini terkendala beberapa wilayah yang tidak terlewati jalur kabel fiber optik. Sehingga, Pemkab Sleman membangunkan tower wifi. Lokasi pemasangan titik wifi gratis ditempatkan pada salah satu tempat yang disepakati oleh masyarakat di padukuhan tersebut.

“Di awal ini Diskominfo sudah pasang tower untuk wilayah yang tidak terjangkau fiber optik sebanyak 39 titik. Dan 369 lokasi lainnya karena sudah ada kabelnya, tinggal berlangganan dengan provider,” terang Kustini.

Kustini berharap, wifi gratis padukuhan ini akan menjadi tonggak bergeliatnya kembali sektor pariwisata dan perekonomian khususnya UMKM yang sebelumnya terdampak pandemi Covid-19. “Tujuan awalnya jelas, wifi ini bisa terintegrasi ke banyak manfaat. Nah saya berharap, promosi wisata kita lebih meningkat dan produk-produk UMKM kita lebih berkembang lagi,” tambah Kustini.

Terpisah, Sudarmanto warga Padukuhan Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan menuturkan sudah bisa menggunakan wifi gratis sejak seminggu yang lalu. “Ya sudah bisa digunakan, tapi memang masih dalam penyesuaian. Semula jaraknya 50 meter, sekarang 100 meter dan ini mungkin mau diperluas lagi,” ungkap pria yang akrab disapa Manto itu.

Dirinya mengaku fasilitas wifi gratis tersebut sangat membantu masyarakat sekitar. Terutama bagi anak-anak yang belajar online, pelaku usaha dan wisata.

“Di tempatkan di dekat embung ini salah satunya untuk pengembangan kawasan objek wisata embung Sumberwatu. Dan juga disinikan sinyal sangat susah, jadi wifi ini sangat terbantu.” pungkas Manto. (*)

BERITA REKOMENDASI