Al Azhar Yogya Kurban 6 Lembu dan 30 Kambing

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Keluarga besar Al Azhar Yogyakarta tahun ini menyembelih total 6 lembu dan 30 kambing. Penyembelihan hewan kurban dilakukan di Kampus Al Azhar Yogyakarta, Jalan Lingkar Utara Ringroad, Mlati Sleman, Sabtu (1/8/2020) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Yayasan Asram yang membawahi Al Azhar Yogyakarta, Drs HA Hafidh Asrom MM mengatakan, semangat berkurban dari keluarga besar Al Azhar Yogyakarta sangat tinggi. Meskipun kondisi pandemi mereka tetap berkurban, dibuktikan jumlah lembu sama dengan tahun lalu.

Menurut Hafidh, banyak nilai-nilai keteladanan dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam peristiwa kurban yang bisa dipetik, salah satu yang paling utama adalah keihlasan. “Nilai-nilai keikhlasan sangat bagus untuk lebih dikembangkan saat ini (kondisi pandemi) membantu sesama yang membutuhkan,” kata Hafidh kepada KRJOGJA.com disela kegiatan.

Ketua Panitia Kurban sekaligus guru SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta, Nuryanto mengatakan, sohibul kurban adalah para wali murid, guru, karyawan dan pengurus yayasan. Dari 6 lembu, yang disembelih di Al Azhar Yogya sebanyak 4 lembu. Satu lembu disembelih di Al Azhar Wonosari dan satu lagi di Al Azhar Bantul. “Daging kurban didistribusikan ke warga sekitar yang membutuhkan dan desa binaan Al Azhar Yogya,” katanya.

Menurut Nuryanto, untuk membatasi kerumunan, jumlah panitia dibatasi 100 orang dan wajib memakai masker/face shield. Hewan kurban yang akan disembelih harus mendapat pengesahan sehat dari dinas terkait, serta ada pemeriksaan tim kesehatan dari dinas memantau jalannya kurban di Al Azhar. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI