Anak-Anak di Sleman Belajar Buat Wayang Sayur

SLEMAN (KRjogja.com) – Membaca judul wayang sayur, tentu membuat kita penasaran dan ingin tahu apa sebenarnya hal tersebut. Nah yuk kita kenalan apa sebenarnya wayang sayur ini.

KRjogja.com Minggu (7/8/2016) berbincang dengan Ki Bimo Prayitno seorang dalang yang memperkenalkan wayang sayur pada puluhan anak di Balai Budaya Sinduhadi Sleman. Ternyata wayang sayur ini cukup unik, karena dibuat dari berbagai macam jenis sayuran dan dinamai sesuai nama sayuran tersebut.

"Sebenarnya tujuan awal untuk mengenalkan jenis sayuran pada anak-anak karena sayuran kan punya banyak manfaat untuk tubuh tapi kadang anak malas makan sayur. Nah melalui wayang sayur ini harapan kami anak bisa lebih kenal dan lebih sayang sayuran," ungkapnya.

Tak hanya belajar mendalang dengan wayang sayur, anak-anak tersebut juga belajar menggambar dan membuat pola sayuran seperti wortel, cabai, tomat, mentimun, daun pepaya, brokoli dan masih banyak lainnya. "Semua sayuran punya manfaat tersendiri dan bentuknya juga bisa dibuat menarik terutama untuk anak-anak," imbuhnya.

Farhan (5) salah satu anak yang ikut berlatih membuat wayang sayur mengaku sangat senang bisa mengenal sayuran dengan cara yang berbeda. "Tadi menggmbar sayuran dan ikut belajar mendalang, senang rasanya," ungkapnya.

Sementara itu Meike Karolus, pengaggas acara Wayang Sayur mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja mengajak anak-anak dari lintas iman untuk bisa saling mengenal satu sama lain dengan metode yang lebih riang dan santai. "Wayang Sayur ini selain mengenalkan jenis sayuran yang bermanfaat tapi juga ada komunikasi antar anak-anak dan ini hal baik kedepannya," terangnya.

Nah, jadi inilah wayang anak yang cukup sederhana namun memiliki misi tersendiri untuk mengenalkan sayuran pada anak-anak. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI