Anak Buruh Catering Lulusan Terbaik UNY

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Rizki Oktavianto, putra dari seorang buruh perusahaan catering di Bantul, sukses menjadi wisudawan terbaik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) periode Februari 2022 jenjang S1. Lulusan Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi yang mendapatkan beasiswa bidikmisi dan akan menjalani wisuda, Sabtu (26/2) hari ini, berhasil menyelesaikan kuliahnya dengan IPK 3,96.

Keberhasilan meraih prestasi tersebut menurut Rizki Oktavianto tak lepas dari dorongan dan pesan sang Ibu, Jariyah. Bagi anak tunggal dan sudah ditinggal ayahnya, Almarhum Sumardiyono sejak dirinya masih berusia 6 tahun, bekerja keras dan berusaha meraih berprestasi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam dirinya.

“Ibu selalu berpesan suatu saat harus menjadi orang yang sukses, dan untuk sukses harus menempuh pendidikan setinggi tingginya dan mencari pengalaman sebanyak mungkin,” kata Rizki Oktavianto, seperti keterangan pers yang diterima KR dari UNY, Jumat (25/2).

Perjuangan memang tidak mulus, kondisi ekonomi keluarga terkadang menghalangi. Namun dengan selalu mengedepankan tekad, setiap ada niat pasti ada jalan dan diikuti doa, semua cita-cita yang diinginkan dapat terwujud. Ini terlihat dengan didapatnya beasiswa dari Hoshizora Foundation dan beasiswa dari Qatar Charity yang membantu biaya pendidikan sejak SD.

Pria kelahiran Bantul 31 Oktober 1999 ini juga tak mudah dalam menyele – saikan jenjang SMAnya. Kondisi perekonomian yang sedang kurang baik saat itu membuat pemuda yang akrab disapa Iik ini memu- tuskan untuk melanjutkan pendidikan di Kabupaten Gunungkidul dengan biaya saudara dari almarhum ayah dan tinggal di rumah kakek. Keputusan tersebut membuatnya harus berpisah dengan keluarga yang tetap tinggal di Bantul.

Saat melanjutkan pendidikan di SMAN 1 Wonosari dari tahun 2015 hingga 2018, ibunya bekerja sebagai buruh catering. Hasilnya, untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Di jenjang ini, Iik menjadi siswa ber – prestasi dengan menekuni bidang OSN ekonomi akuntansi. Ia berhasil mendapat tiga besar ranking paralel di setiap semester.

BERITA REKOMENDASI