Anak Dikeluarkan Sekolah, Ibu Mengadu

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tidak terima anaknya dikeluarkan dari sekolah, seorang orang tua siswa membuat laporan ke Polisi. Erika Handriati (48) warga Purwomartani Kalasan Sleman melaporkan ke polres setempat dengan aduan Pasal 76 a UU Nomer 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak yang ditujukan kepada Yayasan Pendidikan Internasional Yogyakarta (YPIY).

“Tindakan diskriminasi yang telah dilakukan oleh pihak yayasan terjadi pada proses pendaftaran ulang siswa bagi siswa lama yang ingin melanjutkan sekolahnya di YIS. Dimana pihak yayasan memperlakukan pendaftaran ulang terhadap anak saya berbeda dengan perlakuan terhadap siswa lain,” kata Erika di Sleman, Rabu (21/08/2019).

Erika dinyatakan tidak mengisi formulir dengan lengkap, bahkan menurutnya ia tidak pernah mendapat informasi apapun dari pihak sekolah untuk melengkapi pengisian formulir perndaftaran ulang. Padahal orangtua siswa lain melakukan hal yang sama, ditelpon dan diminta untuk melengkapi formulir pendaftaran ulang dan anaknya dapat kembali menjadi siswa sekolah.

Erika mengaku sebelumnya dirinya memang melapor ke polisi lantaran persoalan keuangan sekolah yang dinilai kurang transparan. Tiap tahun, siswa diminta membayar Rp 130 juta tanpa rincian penggunaan. Dia juga pernah menginisiasi pembentukan komite sekolah namun usulan itu ditolak.

"Setelah ada keputusan itu (mengeluarkan sekolah), anak saya tetap ingin masuk (sekolah). Tapi saat tiba di sekolah, dia justru diusir paksa dan direkam dengan video saat proses pengusirannya," ujarnya.

Kuasa hukum pihak yayasan, Bob Horo SH mengungkapkan proses mediasi telah dilakukan namun belum mengalami titik temu. Ia juga membantah jika pihak yayasan tidak transparan dalam pengelolaan keuangan sekolah.

“Pihak kami telah melakukan transparansi sesuai aturan perundangan. Laporan keuangan diperiksa oleh auditor independen. Pertanggungjawabannya juga disampaikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta dievaluasi,” jelasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI