Anak Pertama Al Fatikha, Kedua Assalamualaikum dan Ketiga Bismillah

NAMA adalah doa dan setiap orang tua pasti mempersiapkan secara matang sebelum memberikan nama kepada buah hatinya. Jika dulu, nama seseorang itu biasanya hanya 1-2 kata. Tidak dengan orangtua zaman sekarang atau now.

Banyak literasi mereka gunakan sebelum akhirnya memutuskan nama yang dianggap cocok. Mulai dari kitab suci, bahasa daerah hingga bahasa di dunia. Tak heran, ada seorang anak yang namanya adalah perpaduan 3-4 bahasa.

Pun demikian dengan pasangan Buchori Ali Marsono dan Rina Riawati. Ketiga anak warga Perumahan Citra Ringin Mas Blok D-66 Desa Purwomartani Kecamatan Kalasan Sleman ini cukup unik. AL Fatikha Poetry Cahaya Mentariku (13), Assalamu'alaikum Poetry Cantikku (11) dan Rhazes Bismillah Lakilakiku (8).

"Dalam Islam, Al Fatihah artinya pembuka. Karena ini anak pertama, jadi kami beri nama itu. Harapannya itu bisa sebagai pembuka semua kebaikan. Termasuk rezeki. Bagi dirinya sendiri dan keluarga," kata Rina saat ditemui wartawan dirumahnya, Selasa (01/05/2018).

Sama dengan anak pertama, saat menerima nama anak kedua. Mereka juga menyelipkan jutaan doa pada nama itu. Karena Assalamualaikum sendiri juga memiliki arti doa. Sedangkan Rhazes diambil dari nama ilmuwan kedokteran Islam, Al Razi. "Tapi di Eropa lebih dikenal dengan Rhazes. Kali memilih mengambil nama itu," ujarnya.

Rina membantah kalau dia dan suami suami asal dalam memberikan nama. Karena setiap kata dari nama ketiga anaknya tersebut, terselipkan banyak doa dan harapan. 

Toh, suaminya juga menggunakan nama Indonesia di belakangnya. Dengan harapan ketika ketiganya mau ke luar negeri tidak ada kendala. Karena nama yang digunakan adalah nama belakang.

Ada kisah lucu ketika Asa mempekerjakan diri kepada orang. Secara spontan menjawab "Wa'alaikumsalam". Karena mereka mengira "Assalamu'alaikum" itu bukan nama. Namun ucapan salam pada umumnya. Dan setelah dijelaskan, sebagian komentar yang didapat, namanya unik. (Atiek Widyastuti H)

 

BERITA REKOMENDASI