Andika Dwijatmiko: Brand Bagus Itu Tidak Cukup!

SLEMAN (Krjogja.com) – Jangan bangga dulu ketika sudah memiliki sebuah brand. Dunia baru dan kondisi yang terus berubah mengharuskan setiap pemilik mengembangkan ide-ide kreativitas agar brandnya terus berkembang.

Menurut Andika Dwijatmiko (42), di era modern seperti ini, brand tidak cukup sekedar bagus, tetapi  juga harus berkelanjutan. “Brand bagus tidak cukup, harus berkelanjutan. Banyak sekarang brand yang hanya beberapa bulan, ya itu karena hanya sekadar bagus,” ujar CEO Syafaat Marcoom tersebut.

Kesuksesan sebuah brand tidak hanya ditentukan oleh ilmu-ilmu pendidikan. Penerapan segala ilmu dalam menjalankan sebuah brand belum tentu memberikan hasil yang memuaskan. Permasalahan seperti itu disebabkan oleh Vuca World, yaitu ketidakstabilan (volatile), ketidakpastian (uncertain), kerumitan (complexity), dan ambiguitas (ambiguity).

“Sekarang kondisinya udah lain, meskipun semua ilmu manajemen atau ilmu apapun sudah diterapkan,” imbuhnya dalam acara Product Workshop: We Do Marcoom! serangkaian acara Pinasthika Creativestival XVII di Hartono mall, Kamis (3/11/2016).

Andika pun menyarankan untuk membuat tema sebuah brand yang berkelanjutan. Tema tersebut harus dikembangkan hingga setidaknya enam bulan. Menurutnya, kekonsistenan dalam mengerjakan tema merupakan salah satu kunci kesuksesan brand. Meskipun di tengah-tengah pengerjaan tema merasakan kebosanan, hal itu harus dihiraukan agar tetap fokus pada tema seperti awal mula.

“Cara gampang brand berkelanjutan itu bikin tema terus dikerjain, harus konsisten dan enggak boleh bosen dengan tema itu,” pungkasnya. (MG-10)

BERITA REKOMENDASI