Anev Ditreskrimum Polda DIY, Satfung Reskrim Polsek Mlati Tempati Peringkat 1

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda DIY menyelenggarakan kegiatan Analisa dan Evaluasi (Anev) Semester 1 Tahun 2020 bertempat di Gedung Serba Guna Mapolda DIY, Selasa (07/07/2020). Anev meliputi penanganan perkara dan Aplikasi E-Managemen Penyidikan (E-MP), diikuti jajaran Reskrimun Polda DIY dan para Kanit Reskrim Polsek/Polresta/Polres se-jajaran Polda DIY. Kegiatan Anev dipimpin Direktur Reserse Umum (Direskrimum) Polda DIY Kombes Pol Burkhan Rudy Satria SIK SH MH, menitikberatkan pada materi penanganan perkara, khususnya pada semester 1 tahun 2020.

Salah satu pembahasan adalah tingkat keberhasilan penanganan dan penyelesaian perkara, terkait dengan jumlah laporan kejadian beserta pengungkapannya. “Kegiatan ini menganalisa dan mengevaluasi tingkat kinerja penyidik yang bekerja dalam sistem E-MP,” jelas Burkhan Rudy Satria.

Disampaikan E-MP bertujuan memudahkan masyarakat dalam proses administrasi penyelidikan dan penyidikan perkara-perkara pidana, dimana saat ini hampir seluruh sisi kehidupan dipengaruhi oleh era digital. Terkait hal tersebut, setiap penyidik reskrim dituntut mampu bekerja cerdas, cepat, transparan, dan tidak boleh salah. Lewat aplikasi E-MP kepolisian ingin memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Burkhan Rudy Satria menjelaskan dalam kegiatan tersebut Satuan Fungsi (Satfung) Reskrim Polsek Mlati, Sleman yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Noor Dwi Cahyanto SH MM, berhasil menempati peringkat 1 se-jajaran Polda DIY dengan perhitungan komulatif input E-MP, pengungkapan perkara serta penyelesaian perkara. Peringkat 2 Posek Jetis (Polres Bantul), peringkat 3 Polsek Samigaluh (Polres Kulonprogo), peringkat 4 Polsek Panggang (Polres Gunungkidul), dan peringkat 5 Polsek Mantrijeron (Polresta Yogya).

Keberhasilan tersebut tentu saja tidak lepas dari kerja sama antarpihak, baik di tingkat Polsek, Polres, dan Polda. Peringkat yang ditempati Fungsi Reskrim Polsek Mlati Sleman, menurut pengakuan Iptu Noor Dwi Cahyanto SH MM, tidak lepas dari kerja keras jajarannya dalam menangani sejumlah perkara. Setidaknya hal itu diimplementasikan dalam kegiatan Anev yang digelar di Mapolda DIY. Pencapaian tersebut tentu akan lebih memotivasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Memanfaatkan kemajuan teknologi terbukti mampu mendukung kinerja kepolisian. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI