Angin Kencang Melanda Sleman, Sejumlah Rumah Tertimpa Pohon

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Hujan deras yang disertai angin kencang melanda wilayah di Kabupaten Sleman, Rabu (02/02/2022) siang. Dalam kejadian tersebut, sejumlah rumah warga tertimpa pohon, satu bangunan joglo roboh dan satu mobil juga tertimpa pohon.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman Makwan STp MT mengatakan, kejadian angin kencang itu terjadi di Kapanewon Seyegan dan Berbah Sleman kemarin siang. Bencana alam itu berawal dari hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang.

“Adanya angin kencang itu menyebabkan sejumlah pohon di wilayah Sleman barat dan timur tumbang. Ada sejumlah rumah yang atapnya beterbangan dan tertimpa pohon,” ungkap Makwan.

Di samping itu, angin kencang juga menyebabkan bangunan joglo di Kadipolo Sendangtirto Berbah roboh. Selain itu sebuah mobil dengan Nopol DK 1053 AAG tertimpa pohon yang mengakibatkan rusak di bagian atap dan kacah pecah.

“Atas kejadian itu, tadi (kemarin) petugas BPBD bersama relawan dan warga melakukan evakuasi terhadap pohon yang tumbang. Beberapa lokasi sudah ada yang terkondisi,”ujarnya.

Disinggung tentang kerugian, Makwan mengaku saat ini petugas masih fokus pada evakuasi dampak dari angin kencang. Setelah itu baru akan dilakukan pendataan kerugian akibat bencana alam.

“Kalau sudah selesai evakuasi, baru akan didata berapa jumlah rumah yang rusak dan nilai kerugianya,” terangnya.

Makwan mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya pada musim hujan seperti sekarang ini. Bagi masyarakat yang memiliki pohon yang rawan tumbang, sebaiknya dikurangi rantingnya.

“Masyarakat harus waspada ketika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, khususnya kalau disertai angin. Soalnya sangat rawan terjadi bencana angin kencang,” imbaunya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI