Angkasa Pura I Adakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai wujud pertanggungjawab sosial perusahaan terhadap lingkungan atau CSR, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan program puskesmas keliling kepada masyarakat, Senin (17/6). Bertempat di Balai Dusun Tamanan Desa Tamanmartani Kalasan Sleman, pelayanan kesehatan gratis ini juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat yang menyediakan tenaga medis serta obat-obatannya.

Setidaknya ada tujuh pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat setempat. Seperti pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi balita, ibu hamil dan pasien umum, pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita, pemberian makanan tambahan bagi bayi, balita dan ibu hamil, pemberian vitamin hingga gigi. "Pelayanan ini diarahkan pada peningkatan upaya promotif dan preventif. Disamping peningkatan akses layanan kesejatan agar lebih dekat dengan masyarakat," ujar General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama.

Agus Pandu mengatakan, program ini sudah berjalan sejak 2012 lalu. Untuk wilayah Sleman menyasar di 212 dusun yang terbesar di 13 desa dengan 23.896 pasien. Terdiri dari balita, ibu hamil, pasien umum dan kesehatan gigi. Selain itu juga memberikan makanan tambahan pemulihan selama 90 hari dimonitoring secara rutin oleh petugas. Berdasarkan hasil monitoring ternyata masih ada 264 pasien ibu hamil dan balaita beresiko tinggi yang gizinya belum terpenuhi. 

Untuk wilayah Kabupaten Kulonprogo tepatnya di Kecamatan Temon, kegiatan serupa sudah dilangsungkan di 169 dusun di tujuh desa. Total ada 3.810 pasien yang sudah tertangani. Tak terkecuali memberikan makanan tambahan pemulihan selama 90 hari dimonitoring secara rutin oleh AP I, puskesmas dan Dinkes. Hasilnya masih ada 120 balita dan ibu hamil yang beresiko tinggi tidak terpenuhi gizinya.

"Pada 2019 ini, pelaksanaan pelayanan kesehatan masih difokuskan di dua kabupaten ini. Ditargetkan ada 4.544 pasien dapat terlayani. Khusus untuk warga sekitar terdampak pembangunan bandara  Yogyakarta International Airport (YIA) ada tambahan pengobatan, berupa pengecekan gangguan pendengaran dan pernafasan," katanya.

Secara keseluruhan untuk CSR dari PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta mencapai Rp 1,5 miliar. Sedangkan untuk kegiatan pelayanan kesehatan ini sendiri mencapai Rp 410 juta sendiri. (Awh)

 

 

BERITA REKOMENDASI