Antisipasi Longsor, Kodim 0732/Sleman Pasang Bronjong Bantaran Sungai Tepus

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRjogja.com – Kodim Sleman bersama masyarakat melaksanakan karya bakti pemasangan Bronjong di Sungai Tepus, Dusun Gungan Kalurahan Wukirsari Kapanewon Cangkringan, Minggu (4/4). Kegiatan itu dalam rangka antisipasi tanah lonsor.

Danramil 01/Cangkringan Kodim 0732/Sleman Kapten Inf Widada menjelaskan, kegiatan itu diikuti oleh anggota jajaran Kodim Sleman, polri, relawan dan masyarakat setempat. Karya bakti itu memasang bronjong sepanjang 200 meter dan tinggi 3 meter.

“Pemasangan Bronjong ini dilakukan untuk menanggulangi kiriman air dari atas yang bisa terjadi kapan saja. Selain itu mengantisipasi banjir akibat limpasan air yang alirannya bisa membuat longsor bantaran sungai Tepus,” jelas Danramil.

Selain pemasangan bronjong, karya bakti kemarin juga diadakan pengambilan sampah yang menyumbat aliran sungai. Hal itu untuk mengantipasi bencana banjir.

“Sampah yang ada di sekitar sungai diambil. Supaya tidak ada penyumbatan aliran yang dapat menyebabkan banjir,” terangnya.

Sedangkan Lurah Wukirsari Handung Tri Rahmawan menyambut positif adanya karya bakti pemasangan bronjong di Sungai Tepus, Dusun Gungan. Harapannya nanti tidak terjadi longsor di bantaran sungai ketika banjir.

“Kami sangat terima kasih kepada TNI-polri, relawan dan masyarakat. Semoga dengan dibangunnya bronjong ini tidak ada lagi bencana longsor akibat aliran air di sungai Tepus,” ujarnya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI