Aplikasi ‘Sidia’ Mudahkan Pelayanan Diklat

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Untuk memudahkan pelayanan Diklat seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya meluncurkan Sistem Informasi Diklat Seni dan Budaya yang disingkat ‘Sidia’.

Peluncuran dilakukan oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Dr Ahmad Saufi SSi MSc di Hotel Indoluxe Yogya, Kamis (28/5) malam.

Launcing ditandai dengan hitung mundur dipmpin Ahmad Saufi, sebelum muncul tayangan Sidia. Sebelumnya di tempat sama, Ahmad Saufi yang didampingi Kepala BBPPMPV Seni dan Budaya Dr. Sarjilah, M.Pd dan Kabag TU BBPPMPV Seni da Budaya Masrukhan Budiyanto, SH, MM juga membuka Rakor Link and Match SMK yang Membuka Bidang Seni dan Industri Kreatif dengan DUDI yang diselenggarakan BBPPMPV Seni dan Budaya di tempat sama.

Ahmad Saufi pun memberikan apresiasi positif diluncurkannya ‘Sidia’ yang merupakan bagian dari Aksi Perubahan dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator tahun 2021 oleh Masrukhan Budiyanto tersebut. Masrukhan Budiyanto mengungkapkan rasa syukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa sehingga Aksi Perubahan itu akhirnya bisa diselesaikan. ‘Sidia’ lahir seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat. Dengan dukungan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi diharapkan kinerja lembaga dapat berjalan efektif dan efisien.

Menurutnya, BBPPMPV Seni dan Budaya mengembangkan ‘Sidia’ dalam menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi. SIDIA adalah sistem yang mengakomodir manajemen kegiatan Diklat di lingkungan BBPPMPV Seni dan Budaya yang dikelola secara online berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Sidia mempermudah panitia penyelenggara Diklat mulai dari membuat kegiatan, menyiapkan kebutuhan Diklat sampai pada output yang diharapkan. Panitia juga tidak perlu meng-input satu per satu calon peserta Diklat karena sudah secara otomatis calon peserta yang sudah mendaftar lewat aplikasi ‘Sidia’, akan masuk sistsem.

BERITA REKOMENDASI