Arsip Harus Dikelola Dengan Baik

SLEMAN, KRJOGJA.com – Putri Wida Ningrum siswa SMPN 3 Sleman ditetapkan sebagai Juara I dalam Lomba Narasi Arsip berupa deskripsi arsip foto bagi pelajar SMP/MTs yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Selasa (23/5). Juara II diraih Abraham Raditya dari SMPN 1 Pakem dan Natania Regina dari SMPN 1 Kalasan meraih Juara III.
 
Kepala DPK Sleman Ir AA Ayu Laksmidewi mengatakan, kegiatan ini salah satu upaya mensosialisasi kepada generasi muda kalau arsip itu penting dan harus dikelola dengan baik. Apalagi arsip berupa foto, informasinya sangat akuran dan tidak bisa berbohong.
 
Ada tiga foto yang selama ini menjadi ikon Kabupaten Sleman. Candi Prambanan, Selokan Mataram dan Museum Gunungapi Merapi (MGM). Peserta dapat memilih satu dari tiga foto tersebut untuk selanjutnya dideskripsikan.
 
“Ketiga foto tersebut kami rasa yang mewakili Kabupaten Sleman dan memiliki nilai dokimen tinggi. Kami ingin anak-anak zaman sekarang itu paham kalau keberadaan arsip itu penting dan harus dikelola dengan baik,” ujarnya.
 
Saat mendeskripsikan foto, peserta harus memenuhi unsur 5W+1H. Mereka harus mencermati foto yang ada. Untuk selanjutnya mendeskripsikan siapa pelakunya dan kapan waktu di foto itu. Mereka harus bisa mendeskripsikannya secara tepat agar nilai informasi dalam foto tidak berubah. (Awh)
 

BERITA REKOMENDASI