Asita Inisiasi ‘MICE’ Offline, DIY Siap Terapkan Normal Baru Pariwisata

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – DPD Assosiation of the Indonesian Tour and Travel Agent (Asita) DIY menginisiasi pertemuan offline Meetings, Incentives, Conferencing and Exhibition (MICE) normal baru di Hotel Grand Keisha, Sabtu (11/07/2020). Protokol kesehatan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) teranyar diberlakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Ketua DPD Asita DIY, Udhi Sudiyanto mengatakan penerapan protokol normal baru MICE sudah siap diterapkan di DIY saat ini. Organisasi seperti Dinas Pariwisata, Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) menurut Udhi juga sudah melaksanakan kesiapan hal tersebut.

“Kami juga simulasikan dan mencoba SOP MICE di era normal baru. Kita coba secara lebih detail misalnya pendaftaran melalui googleform lalu registrasi juga berusaha untuk touchless. Pertanyaan audience juga pakai aplikasi Slido untuk mengurangi menggunakan mikrofon bersama. Pembicara juga diberikan mic satu-satu lalu ketika harus bergantian maka mic di semprot disinfektan dan diganti sarung. Tetap pengecekan suhu badan dan masker sudah wajib. Kita juga ketat untuk setiap peserta menggunakan masker selama kegiatan,” ungkap Udhi pada wartawan usai acara.

Tak hanya itu, para peserta MICE menurut Udhi juga diwajibkan mengisi self assasment yang berisi riwayat perjalanan dalam beberapa hari terakhir. “Ini bagian dari SOP agar kita bisa maksimal dalam pencegahan penyebaran virus. Ketika tidak mau mengisi self assasment ini ya terpaksa tidak bisa ikut,” sambung dia.

Dalam pertemuan offline yang dilakukan perdana oleh Asita DIY tersebut dibahas pula bagaimana SOP menyambut wisatawan di era normal baru. Organisasi pariwisata di DIY menyepakati penerapan protokol kesehatan mulai wisatawan datang di airport hingga kembali ke airport usai berwisata.

“Secara orkestra untuk SOP ini bisa segera dilakukan. Kami juga sudah membahas konsekuensi apabila tidak menjalankan, ada sanksi dan teguran agar patuh pada SOP ini. Ketika patuh juga ada apresiasi, ini yang kami bahas dalam pertemuan tadi,” tandas Udhi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI