Atlet JCC Kibarkan Merah Putih di Jembatan Irigasi Babarsari

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Banyak cara untuk mengibarkan bendera Merah Putih dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI. Biasanya, penaikan dan penurunan bendera Merah Putih banyak kita jumpai di kantor pemerintah dan swasta serta di sekolahan, tapi kali ini cara unik dan di luar kebiasaan dilakukan Sekitar 45 atlet panjat tebing dari Jogjakarta Climbing Club (JCC).

Para atlet panjat tebing dari JCC yang mayoritas pelajar SD plus SMP dan SMA ini mengadakan penaikan dan penurunan bendera Merah Putih dalam rangka perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI yang digelar di Jembatan Irigasi, Babarsari, Sleman, Senin (17/8).

Penanggungjawab event Joko Sugiyanto kepada wartawan menjelaskan, kegiatan ini kita adakan bertujuan untuk mengajarkan dan menanamkan rasa patriotisme dan nasionalisme terhadap tanah air kepada atlet JCC yang kebanyakan dari mereka adalah pelajar SD, ada juga anak berusia 3 tahun dan paling tua berusia 15 tahun (kelas 1 SMA).

“Dari event ini, kita hanya mempelopori dan membentuk karakter para atlet,nantinya orang tua mereka di rumah untuk meneruskan apa yang telah mereka dapatkan saat mengikuti event ini. Misalnya, anak-anak ini nantinya akan bertanya kepada orang tua mereka tentang apa itu arti dari bendera Merah Putih dan lambang negara. Yang jelas, kita berharap pada masa mendatang ada dari anak-anak JCC tersebut bisa berprestasi sebagai atlet panjat tebing di tingkat internasional,sehingga mereka mampu mengibarkan bendera Merah Putih di luar negeri,” ujar Joko Sugiyanto, yang juga Pengurus Pengda Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) DIY.

BERITA REKOMENDASI