Audit Komunikasi Bukan Momok Menakutkan Perusahaan

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kesadaran perusahaan ataupun instansi melakukan audit komunikasi selama ini masih relatif rendah. Padahal langkah ini penting dilakukan sebagai upaya deteksi awal efektivitas perencanaan dan strategi yang dilakukan selama ini. Hal inilah yang mengemuka pada webinar nasional Audit Komunikasi dalam Praktik Public Relations yang diselenggarakan oleh para mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta angkatan ke-6, Sabtu (10/7/2021).

Hadir sebagai narasumber pada webinar ini antara lain SVP Corporate Communications PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana, Managing Director DASA Strategic Communications Sam August Himawan, serta pakar audit komunikasi sekaligus Dosen UPN Veteran Yogyakarta Dr Puji Lestari, S.IP, MSi.

Menurut Puji Lestari, audit komunikasi bukanlah momok yang harus ditakuti. Justru pada saat dilakukan audit, perusahaan harus menyampaikan fakta yang sebenarnya.

“Jadi harus disampaikan fakta yang sebenarnya, meskipun itu buruk. Kalau ada yang ditutupi demi agar kelihatan baik saat dilakukana audit, itu justru menjadi awal dari kehancuran. Karena akhirnya perusahaan ataupun instansi tidak akan mendapatkan rekomendasi kebijakan dan strategi penyelesaian permasalahan yang tepat. Ingat, banyak organisasi yang gagal karena berawal dari masalah komunikasi,” ungkap Puji.

Lebih lanjut pengajar UPN Veteran ini mengatakan, audit komunikasi adalah upaya preventif untuk mendeteksi permasalahan-permasalahan komunikasi di berbagai lini yang ada di instansi dan perusahaan. Apabila deteksi tersebut bisa dilakukan lebih awal, maka bisa meminimalisir terjadinya krisis atau kegagalan.

BERITA REKOMENDASI