Audit Komunikasi Bukan Momok Menakutkan Perusahaan

Editor: Agus Sigit

Senada, Wijaya Laksana dari PT Pupuk Indonesia (Persero) menyampaikan audit komunikasi penting dilakukan sebaga bahan perencanaan ataupun evaluasi program yang dilakukan. Menurut dia, langkah tersebut harus dimulai justru dari hal-hal yang kecil dan dilakukan saat ini juga.

“Lakukan audit komunikasi walau sederhana, dari hal-hal kecil, tapi harus dimulai dari sekarang. Ini yang coba kami terapkan di PT Pupuk Indonesia di mana hasilnya memberikan dampak yang sangat signifikan bagi perusahaan secara keseluruhan. Terutama berkenaan dengan perlunya rencana komunikasi jangka menengah dan panjang dalam bentuk cetak biru komunikasi, termasuk di dalamnya agenda setting, media plan, dan perencanaan strategis. Kami juga membentuk tim komunikasi krisis. Jadi ketika krisis terjadi, kita telah memiliki perencanaan komunikasi dan penanganan yang matang,” papar dia.

Sementara menurut konsultan komunikasi Sam August Himawan, perusahaan dan instansi memang harus didorong untuk melakukan audit komunikasi secara berkala. Praktik audit komunikasi menjadi hal yang makin krusial saat ini, terlebih di tengah membanjirnya informasi di era digital.

“Informasi yang melimpah cenderung rawan bias dan sulit untuk dikenalikan. Inilah yang membuat audit komunikasi menjadi hal yang makin krusial, seperti halnya audit keuangan,” tandas dia. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI