Ayah Rampas HP Demi Belajar Daring Anak

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tak punya HP untuk belajar daring anaknya, seorang ayah nekat mencuri smartphone. Akibatnya, SN (30) warga Pendowoharjo Sleman itu kini mendekam di sel tahanan Polsek Seyegan. Ulah nekat SN, berhasil diungkap petugas Polsek Seyegan dan Polres Sleman setelah hampir satu bulan lamanya pelaku menjalankan beraksi.

“Saat kami mintai keterangannya, pelaku mengaku nekat menjambret karena anaknya tak punya HP untuk belajar daring. Pelaku ini bekerja sebagai buruh tani, mungkin hasilnya tak cukup untuk membelikan HP anaknya,” Kapolsek Seyegan AKP Samidi dikonfirmasi, Senin (17/8).

Peristiwa pencurian dengan kekerasan itu terjadi di Jalan Seyegan, tepatnya di Dusun Tegalweru, Margodadi, Seyegan, Senin (20/7) pagi. Saat itu SN menjambret HP milik Kaswasih (55) warga Margodadi, Seyegan Sleman, yang sedang mengendarai sepeda motor. Saat itu, korban yang bermaksud mengecek pembangunan gorong-gorong di sekitar TKP, mengajak anaknya yang menggengam HP. Kapolsek mengungkapkan, diduga pelaku sudah mengikuti dan mengamati anak korban yang membawa HP. Kemudian saat korban yang merupakan perangkat desa itu berhenti di TKP untuk berbelok, dari belakang pelaku menjambret HP yang dibawa oleh anak korban.

Tak ingin tertangkap, pelaku langsung kabur meninggalkan korban dan anaknya yang masih kaget atas aksi itu. Tak berapa lama kemudian, korban mendatangi Polsek Seyegan melaporkan kejahatan yang baru saja dialaminya.

Kapolsek kemudian memerintahkan Kanit Reskrim Ipda Agus untuk melakukan penyelidikan. Kerja keras petugas dibantu Polres Sleman, berhasil mengungkap kasus itu dengan menangkap pelakunya. “Pelaku akhirnya kami tangkap saya berada di rumah salah atau tetangganya. Selain mengamankan pelaku, kami juga menyita barang bukti HP dan motor yang dikendarai pelaku,” ucap Kapolsek.

Kepada petugas, pelaku mengatakan baru pertama melakukan kejahatan karena terdesak kebutuhan ekonomi. Ia tak punya uang untuk membelikan HP anaknya sebagai sarana belajar online. Atas perbuatannya, SN dijerat Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan ancaman lima tahun. (Ayu)

BERITA REKOMENDASI