Badan Karantina Sebar 3 Ton Ikan Laut

SLEMAN, KRJOGJA.com – Ratusan kelompok masyarakat di Sleman, Jumat (19/5/2017) menerima bantuan ikan laut beku dan ikan kaleng dari Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Karantina dan Pengendalian Mutu. Sebanyak 3 ton ikan laut dibagikan untuk warga masyarakat Sleman bertempat di Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu DIY sekaligus mewujudkan budaya gemar makan ikan. 

Kepala Pusat Pengendalian Mutu Badan Karantina Ikan Kementrian Kelautan dan Perikanan Widodo Sumiyanto mengatakan pembagian tiga ton ikan merupakan bentuk implementasi bulan bhakti. Menurutnya, pembagian ikan tersebut dilakukan untuk membudayakan gemar makan ikan khususnya bagi masyarakat yang selama ini belum bisa menikmati gizi ikan. 

"Hari ini kita bagikan ikan makarel, tongkol dan ikan kaleng yang memang gizi dan proteinnya cukup baik. Ikan yang dibagikan sudah diperiksa mutunya agar masyarakat tak keracunan dan mendapatkan nilai gizi," ungkapnya. 

Sebelum menggelar pembagian di Sleman, Balai Karantina juga melakukan hal yang sama di kawasan Pangandaran Jawa Barat, Jawa Timur dan Jakarta. 
"Kemarin di Pangandaran dan Ciamis kami bagikan 12 ton kemudian hari ini di Sleman 3 ton, jadi di puncak bulan bhakti ini kami bagikan 15 ton ikan laut ditambah 1000 karton ikan kaleng dengan masing-masing karton berisi 50 kaleng," lanjutnya. 

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun menyampaikan apresiasi atas adanya pemberian ikan laut gratis untuk masyarakat Sleman. Menurut Sri, ada kelompok-kelompok yang selama ini belum banyak mengkonsumsi ikan dan pas disasar sebagai wujud implementasi membudayakan gemar makan ikan. 

"Ada kelompok pondok pesantren dan beberapa elemen warga lain yang ada di Sleman yang mendapatkan pembagian ikan hari ini. Kami kebetulan tak punya laut di Sleman, jadi pas sekali mendapatkan bantuan ikan laut dari Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Karantina dan Pengendalian Mutu ini, kami sangat berterimakasih," ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI