Bahagia, Warga Modinan Bisa Laksanakan Syawalan Bersama Lagi

SLEMAN, KRJOGJA.com – Warga Rt 12 Rw 22, Modinan, Banyuraden, Kapanewon Gamping, Sleman menggelar syawalan bersama pada Rabu (25/5/2022) malam. Acara yang dihadiri dari ketua Rt, Rw, Dukuh, serta tokoh masyarakat dan warga tersebut dibuka dengan tembang panembrono, dilanjut dengan ikrar bersama yang diwakili oleh salah satu warga.

“Lebaran karena dari kata bahasa jawa Lebar yang berarti sesudah selesainya umat Islam melaksanakan puasa di bulan suci Ramadan. Syawalan merupakan tradisi dan budaya masyarakat Indonesia, dengan saling memaafkan kesalahan kesalahan yang telah berlalu,” ujar tokoh masyarakat setempat Prof Dr H Djoko Pekik Irianto, M Kes, AIFO.

Istilah Halal Bihalal dengan harapan memaafkan warga satu dengan yang lain. Syawalan harus dilakukan dengan penuh kebahagiaan, keberkahaan selama dua tahun ini tidak bisa mudik atau mengadakan acara lainnya dikarenakan suasana Pademi Covid – 19 kini akhirnya bisa dilaksanakan kembali.

“Dalam suasana ini kami berharap tetap semangat, jaga kesehatan maupun kondisi. Setelah satu bulan kita menjalankan ibadah puasa Ramadan. Makna syawalan bertemuan beberapa orang yang terencana untuk bersilturahmi dan ikkar saling minta maaf itu budaya Indonesia. Kita tak akan menjumpai kegiatan serupa di tanah suci Arabia dan lainnya,” jelas Djoko Pekik.

Acara di meriahkan dengan pembagian door prize dan Joko Ertaiment yang mengiringi menyanyi bersama. (*)

 

BERITA REKOMENDASI