Bakal Muncul Poros Baru, Koalisi Santun Bersatu Terancam Retak

SLEMAN, KRJOGJA.com – Koalisi Santun Bersatu yang beranggotakan PAN, PKB, PKS, Golkar, PPP, NasDem dan Demokrat terancam retak dalam menyongsong Pilkada 2020. Bahkan komunikasi antara partai yang tergabung dalam Koalisi Santun Bersatu sampai ini cukup vakum.

Salah satu sumber yang enggan disebut namanya mengaku, pascadeklarasi Koalisi Santun Bersatu pada 24 Desember 2019, hingga saat ini tidak ada komunikasi untuk membahas kelanjutan koalisi. Jika hal ini dibiarkan, keretakan di tubuh Koalisi Bersatu tak menutup kemungkinan bisa terjadi.

“Sampai saat ini, komunikasi di Koalisi Santu Bersatu vakum. Bahkan cenderung jalan sendiri-sendiri. Prediksi saya bisa retak, bahkan mengarah bubar,” ujarnya kepada KRJOGJA.com, Selasa (18/2/2020) malam.

Jika nanti Koalisi Bersatu bubar, diperkirakan bisa menjadi poros baru dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Sleman. Hal itu tentunya akan menambah dinamika politik dalam menyongsong pesta rakyat lima tahunan ini.
“Sangat mungkin terjadi poros baru. Bahkan nanti bisa ada tiga calon yang maju,” ucapnya.

Terpisah, Sekretaris Koalisi Santun Bersatu Ali Sahdan mengaku, sekarang ini Koalisi Santun Bersatu sifatnya menunggu hasil final penjaringan di masing-masing partai politik. Bahkan sampai saat ini belum ada satu partai yang mengirimkan hasil penjaringannya.

“Sebagian partai masih melakukan proses penjaringan. Sesuai kesepakatan kami, hasil penjaringan partai-partai disampaikan ke Koalisi Santun Bersatu. Kemudian siapa yang diusung berdasarkan musyawarah mufakat. Jadi tidak benar kalau Koalisi Santun Bersatu vakum,” tegas Ali.

Disinggung tentang isu potensi keretakan Koalisi Santun Bersatu, Ali tidak menjawab secara tegas. Menurutnya, sejauh ini Koalisi Santun Bersatu masih utuh dan belum ada partai yang menyatakan mundur dari koalisi.

“Kami masih baik-baik saja. Koalisi Santun Bersatu masih utuh dan belum bubar. Dalam Pilkada, memang biasa isu seperti itu dihembuskan,” pungkasnya. (Sni)

BERITA REKOMENDASI