Baksos KB Gratis Ternyata Tetap Diminati Masyarakat

SLEMAN, KRJOGJA.com – Antusiasme masyarakat Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman terhadap program keluarga berencana (KB) sangat tinggi. Hal itu terlihat dari antusiasme kaum wanita usia subur yang berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial (baksos) KB gratis yang dihelat RSU Mitra Paramedika, Selasa (22/3/2022).

Direktur RSU Mitra Paramedika dokter Ichsan Priyotomo mengungkapkan, baksos KB gratis itu pihaknya bekerjasama dengan Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman.

Ichsan memberikan apresiasi atas masih tingginya animo masyarakat di situ terhadap ptogram sadar KB. Terbukti baksos KB gratis yang digelar di rumah sakitnya diikuti oleh 50 peserta. Perinciannya sebanyak 25 peserta mengikuti KB jenis implan. Sidanya memilih KB jenis intra uterine device (IUD).

“Ini salah satu upaya kami untuk mendukung program KB yang telah dicanangkan pemerintah. Sekaligus ini juga untuk membantu langkah Pemerintah Kabupaten Sleman yang selaku gencar menggiatkan program KB,” ujarnya di sela-sela berlangsungnya acara.

Ichdan melanjutkan, pihaknya tidak hanya menggelar baksos untuk pemasangan implan dan IUD saja. Guna menjaga kesehatan wanita usia subur di wiayah itu pihaknya juga memberikan layanan tes IVA test secara gratis.

“Dari 50 peserta KB, yang menghendaki untuk ikut IVA test baru 28 peserta. Belum bisa 100 persen, ke depan akan kami berikan edukasi pentingnya tes ini untuk menjaga kesehatan organ reproduksi,” jelas Ichsan.

BERITA REKOMENDASI